Tua-Tua Keladi, Ronaldo Raih Sepatu Emas di Euro 2020

Cristiano Ronaldo raih sepatu emas di Euro 2020 

Mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo mengklaim Sepatu Emas Kejuaraan Eropa pertamanya saat EURO 2020 berakhir pada hari Minggu dengan Italia muncul sebagai juara.

Ronaldo telah mencetak gol di setiap pertandingan penyisihan grup untuk Portugal, mencetak dua gol melawan Hongaria dan Prancis. Namun, ia gagal mencetak gol saat kalah 0-1 dari Belgia di babak 16 besar.

Kapten Inggris Harry Kane, dengan empat gol, berpeluang menyalip Ronaldo jelang final melawan Italia. Pada akhirnya, nama terakhir mengklaim penghargaan.

Patrick Schick sebenarnya sukses menyamai torehan Ronaldo. Namun striker Republik Ceko itu gagal dapat sepatu emas karena terbentur aturan UEFA.

Menurut UEFA, hanya akan ada satu pemenang sepatu emas di Euro 2020. Dan Ronaldo memimpin grafik pada saat ini meskipun kedua pemain mencetak jumlah gol yang sama.

UEFA menyatakan bahwa prosedur penentuan pemenang sepatu emas jika ada dua pencetak gol yang memiliki jumlah yang sama yakni didasarkan pada jumlah assist.

Ronaldo berhasil mencetak 5 gol, 3 di antaranya adalah penalti. Dan dia juga berhasil membuat 1 assist untuk Diogo Jota dalam kekalahan 2-4 Portugal di tangan Jerman. Sementara Schick sendiri tidak mencatatkan assist di kompetisi kali ini.

Selain itu, jika jumlah gol dan assist pemain imbang, UEFA akan menggunakan menit pertandingan untuk menentukan pemenangnya.

Apabila masih imbang maka gol di babak kualifikasi akan digunakan. Diikuti dengan jumlah assist dan menit pertandingan, jika itu diperlukan.

Ronaldo juga menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Euro selama turnamen, dengan golnya yang ke-14. Sementara itu, dengan 109 gol, ia menyamai striker Iran Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak bersama timnas di ajang Internasional.

Ronaldo juga mencatatkan lebih banyak rekor, menjadi pemain tertua yang mencetak gol untuk Portugal di turnamen besar pada usia 36 tahun, 130 hari. Dia memecahkan rekor yang dibuat oleh Pepe di Piala Dunia 2018 (35 tahun, 124 hari).

Penyerang Juventus itu juga menjadi pemain tertua yang mencetak setidaknya dua gol dalam satu pertandingan Piala Eropa, melampaui rekor Andriy Schevchenko saat berusia 35 tahun, 256 hari.

Previous Post Next Post

Recent Posts