APPI Minta PSSI Tegas Pada Klub Yang Tunggak Gaji Pemain

APPI Minta PSSI Tegas dengan Klub Penunggak Gaji Pemain 

APPI Minta PSSI Tegas dengan Klub Penunggak Gaji Jelang Liga 1 dan Liga 2 kembali bergulir.

PSSI dinilai harus tegas dengan klub yang masih menunggak gaji pemainnya soal keikutsertaannya di Liga 1 dan Liga 2. 

Hal itu disampaikan oleh Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) yang menyoroti masih banyaknya laporan pemain yang belum dapat gaji.

Dalam rilisnya, APPI menyampaikan bahwa masih terdapat 112 Putusan NDRC (National Dispute Resolution Chamber) Indonesia yang belum terselesaikan. 

Diketahui, NDRC merupakan badan penyelesaian sengketa antara pemain dan klub yang dibentuk langsung FIFA.

Putusan NDRC sendiri sifatnya mengikat. Sebab, klub-klub yang masih belum menuntaskan putusan dari NDRC dilarang mendaftarkan pemainnya pada kompetisi di bawah naungan PSSI, baik Liga 1 maupun Liga 2. 

Hal inilah yang ditekankan APPI. PSSI diharapkan tegas dengan klub-klub yang masih menunggak gaji pemainnya.

"Kami memberikan apresiasi kepada PSSI melalui Bapak Sekretaris Jenderal. Sebab, mereka tetap berkomitmen agar Putusan NDRC Indonesia untuk dapat ditunaikan oleh klub-klub yang memiliki sengketa sebelum kompetisi dimulai atau bahkan di awal bulan depan," kata Wakil Presiden APPI, Andritany Ardhiyasa.

APPI Minta PSSI Tegas dengan Klub Penunggak Gaji Jelang Liga 1 dan Liga 2

"Kami akan menunggu realisasi dari komitmen tersebut dan juga secara proaktif akan tetap mengawal dengan terus berkomunikasi dengan pihak-pihak yang terkait. Tidak terkecuali, kami terus menjalin komunikasi dengan FIFPRO dan FIFA,” sambung dia.

Salah satu klub yang tersangkut dengan putusan NDRC ialah PSM Makassar. Mereka sebelumnya sempat dituntut untuk segera membayar tunggakan gaji kepada pemainnya senilai Rp6 miliar.

Dalam rilis APPI, 17 Juni lalu setidaknya PSM Makassar masih punya sangkutan dengan 17 pemain. Status ke-17 pemain tersebut masih dibayar sebagian oleh manajemen klub.

Klub yang paling banyak menunggak gajinya ialah PSPS Riau. Dalam rilisnya, APPI menyebut setidaknya ada 23 pemain yang gajinya belum dibayar lunas oleh manajemen PSPS Riau.


Previous Post Next Post

Recent Posts