Miliki Potensi Besar, Shin Tae yong Sebut Tak Seharusnya Timnas Berada Diposisi 173 Rangking FIFA

Shin Tae yong menilai pemain Indonesia punya kualitas dan bisa mempetbaiki tangking FIFA minimal ranking 100 FIFA


Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae yong menilai bahwa timnas Indonesia tak seharusnya berada diperingat 173 rangking FIFA. Sang pelatih mau membawa Indonesia ke 100 besar.

Indonesia pasif di jeda internasional dengan tak menggelar sekalipun uji coba, terutama setelah pandemi COVID-19 merebak. Hal itu diperparah dengan berbagai agenda resmi seperti Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang tertunda.

Terdekat, Timnas Indonesia akan memainkan dua laga uji coba dan tiga laga Pra-Piala Dunia mulai akhir Mei-11 Juni 2021. Hasil positif pada laga nanti bisa memperbaiki posisi Indonesia di rangking FIFA.

Shin Tae yong juga memberi contoh pada timnas U-19 yang ketika itu kalah dari Kroasia dan mampu bangkit dipertandingan selanjutnya.

"Sebagai contoh, pertama kita (maksudnya Timnas Indonesia U-19) ke Kroasia dan melawan Timnas Kroasia dan Bulgaria, lalu kemasukan 7 dan 3 gol," ujarnya.

"Saat bermain, pemain tidak ada yang berani menghadang tendangan lawan. Dalam kondisi kalah, pemain harus segera menghadang tendangan lawan," tutur Shin Tae yong.

"Akhirnya kami melakukan perubahan latihan, jadi kalau misalkan ada yang menendang, segera hadang dan akhirnya bisa lebih baik. Sebelumnya tidak ada yang mau menghadang. Setelah itu dari pemain sendiri tidak ada takutnya dan akhirnya kami tidak banyak kemasukan bahkan berhasil menang dan imbang," katanya.

Padahal selama melatih, Shin Tae yong menilai bahwa pemain Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Dengan potensi yang dimiliki para pemain, Shin Tae-yong mengungkapkan seharusnya minimal Indonesia berada di peringkat 100 dunia. 

"Saya juga ingin berbicara kepada Pak Ketum, bingung juga kenapa Indonesia berada di peringkat ke-173," katanya di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kita pasti bisa berada diperingkat 100 kalau kalian mempunyai mental dan memberikan semuanya untuk tim," jelasnya.

Tidak hanya mental, para pemain juga akan terus ditingkatkan kondisi fisiknya. Pasalnya baik mental atau pun fisik para pemain timnas Indonesia masih belum bisa memuaskan Shin Tae-yong.

"Secara fisik dan mental sangat kalah dan itu mau tidak mau harus diperbaiki," bebernya.


Ayo Daftar Sekarang, dan Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah
Baca Juga
Previous Post Next Post

Recent Posts