FIFA Resmi Hapus Poin Malaysia dari Dua Kali Kemenangan Atas Indonesia

Timnas Indonesia saat berduel dengan timnas Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akhirnya resmi merilis aturan baru pasca mundurnya Korea Utara dari ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam surat yang ditandatangani sekjen FIFA yaitu Fatma Samoura pada Rabu (26/5/2021), terdapat poin-poin keputusan sebagai berikut:

Poin Korea Utara yang sudah didapatkan bakal hangus. Grup H kini terdiri dari 4 tim dan seluruh poin yang didapatkan tim lain saaat melawan Korea Utara tidak dihitung.

Seluruh pertandingan antara runner-up dan peringkat lima (juru kunci) grup A hingga H tidak dihitung poinnya.

Penentuan runner-up terbaik akan ditentukan lewat 5 kriteria, yaitu poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan, fairplay, dan drawing.

Dengan adanya aturan tersebut, enam poin hasil dua kali kemenangan Malaysia atas timnas Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal dihapus oleh FIFA.

Namun hal itu tak akan merugikan Malaysia karena pasukan Tan Cheng Hoe masih bisa menggunakan enam poin tersebut untuk finis sebagai runner up Grup G.

Setelah memastikan diri finis di posisi kedua, barulah enam poin hasil kemenangan atas timnas Indonesia akan dihapus begitupun tim dari grup lainnya yang mampu menempati runner up.


Berikut jadwal Pertandingan timnas Indonesia.

  • Thailand vs Timnas Indonesia, Kamis (3/6/2021)
  • Vietnam vs Timnas Indonesia, Senin (7/6/2021)
  • Timnas Indonesia vs UEA,  Jumat (11/6/2021).

Ayo Daftar Sekarang, dan Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah
Baca Juga
Previous Post Next Post

Recent Posts