Jadi Anak Kesayangan, Asnawi Jadi Pemain yang Berpeluang Dipanggil Shin Tae yong Mengikuti TC Timnas

Shin Tae yong saat mengunjungi Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam menjadi kandidat pemain yang akan dipanggil oleh Shin Tae yong untuk mengikuti pemusatan latihqn jelang menghadapi Afghanistan pada 25 Mei 2021 mendatang.

PSSI telah mengumumkan jadwal ujicoba timnas Indonesia melawan Afghanistan dan Oman pada 25 dan 29 Mei di Uni Emirat Arab.

Laga tersebut akan menjadi ujicoba buat pasukan garuda sebelum melakoni 3 laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni, dan Uni Emirat Arab (UEA) pada 11 Juni 2021.

Sejauh ini PSSI juga telah mengumumkan jadwal pemusatan latihan (TC) yakni per 1 Mei 2021.

Namun, sejauh ini PSSI belum mengumumkan pemain-pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti TC.

"Yang pasti klub dan pemainnya akan dikasih tau lebih dulu. Dan tidak harus menunggu Piala Menpora 2021 kelar, karena PSSI, Asprov, serta klub melakukan komunikasi teknis sangat lancar selama ini," ujar direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

Menurut Indra Sjafri, pemain-pemain yang dipanggil tidak akan jauh berbeda dari TC timnas U-22 Indonesia sebelumnya. di mana ada gabungan antaara pemain muda dan senior.

"Kan mereka sudah pernah menjalani TC sebelumnya. Jadi ya bisa dipastikan bahwa para pemainnya tidak akan mungkin berubah 100 persen," ucapnya.

"Iya pastilah, coach Shin Tae-yong yang memilihkan karena itu tanggung jawabnya dalam memilih pemain dan untuk pencoretan juga," tambahnya.

Sementara itu, satu pemain yang kemungkinan besar dipastikan dipanggil Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia adalah Asnawi Mangkualam.

Shin Tae yong yang saat ini berada di Korea Selatan sempat menyaksikan penampilan Asnawi bersama Ansan Greeners saat melawan Jeonnam Dragons, Minggu (11/4/2021).

Pelatih asal Korea Selatan itu menemui khusus Asnawi pasca-laga, melakukan percakapan dan sesi foto bersama penggemar dari Indonesia.

Dari percakapan tersebut, Shin Tae-yong berencana meminta izin Ansan Greeners untuk melibatkan Asnawi agar bisa tampil untuk timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Saya akan berdiskusi dengan klub Ansan apakah akan langsung bergabung dengan pertandingan di UEA atau bergabung dengan tim seminggu sebelumnya pada bulan Juni," ujar Shin Tae yong.

Asnawi Mangkualam memang dikenal sebagai "anak kesayangan" Shin Tae yong.

Dalam wawancara dengan Sports-G, Shin Tae-yong bahkan pernah berujar jika dirinya membentuk skuat di timnas Indonesia, ia akan memilih Asnawi sebagai pemain pertama.

"Ya, dia benar-benar pemain yang bagus. Makanya di kepala saya setiap membuat skuat baru, Asnawi adalah pertama yang saya pilih," kata Shin Tae-yong dalam wawancara Februari 2021 lalu.

"Asnawi itu tidak hanya bek kanan, tapi juga bisa posisi lain seperti gelandang bertahan," tambahnya.

Previous Post Next Post

Recent Posts