Enam Klub Liga Inggris Mengundurkan Diri, European Super League Bubar?

Enam 6 klub Premier League pendiri resmi mengundurkan diri dari European Super League

Enam klub Premier League Penggagas European Super League resmi mundur dari proyek liga tandingan ini. Manchester City, Chelsea, Manchester United, Liverpool, Arsenal dan Spurs.

Manchester City menjadi klub pertama yang secara resmi mengumumkan pengunduran diri mereka dalam keikutsertaan kompetisi baru bernama Liga Super Eropa, pada Rabu (21/04/21) dinihari WIB.

The Citizens memutuskan mundur karena mendapat banyak protes dan kritikan termasuk dari pelatih mereka, Pep Guardiola.

Selain Manchester City, Chelsea juga ikut menyusul mengundurkan diri dari European Super League 

Laporan BBC pada Rabu dinihari WIB menyatakan bahwa "Chelsea mempersiapkan dokumentasi untuk mengajukan pengunduran diri dari Liga Super Eropa."

Pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB), sejumlah pendukung Chelsea berkumpul dan melakukan unjuk rasa di luar Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, sebelum timnya menjamu Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris.

Selain Manchester City dan Chelsea, 4 klub Lain yakni Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur juga ikut mengundurkan diri.

Menurut laporan BBC, seperti Chelsea, Man City sebetulnya tidak terlalu tergerak dengan rencana Liga Super Eropa dan baru menyepakati keikutsertaan pada menit-menit akhir karena takut tertinggal.

Belum diketahui seberapa mudah mereka akan mengundurkan diri dari Liga Super Eropa maupun seberapa mengikat kontrak yang sudah mereka sepakati.

Diketahui, Sebanyak 12 tim yang terdiri dari nama besar menjadi pendirinya, seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, AC Milan, Juventus, Inter Milan, Liverpool, Manchester City, Atletico Madrid, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

Namun, Liga Super Eropa masih mencari tiga tim tambahan supaya pendiri kompetisi ini menjadi pas 15 klub. Nantinya, total ada 20 klub yang tampil di Liga Super Eropa tiap tahunnya.

Pembentukan Liga Super Eropa mendapat reaksi keras bukan hanya dari kalangan pihak berwenang seperti UEFA dan FIFA maupun liga-liga domestik tetapi juga disuarakan kebanyakan masyarakat sepak bola, termasuk suporter tim-tim yang terlibat.

Tidak lama kemudian wacana tersebut langsung direspons oleh UEFA selaku federasi sepak bola Eropa. Mereka mengecam ide ini dan tidak mau mengakui adanya Liga Super Eropa.

Bahkan FIFA mengancam akan mendepak 12 tim yang terlibat pendirian European Super League dari kompetisi domestik maupun International, dan menghukum pemain yang terlibat dwngan larangan bermain di Piala Dunia.

Previous Post Next Post



Ais Sekiya memberikan informasi seputar olahraga nasional maupun international.


Terima kasih telah mengunjungi Ais Sekiya, Nikmati beragam informasi dan hiburan yang kami sediakan setiap hari.

Jangan lupa follow Facebook kami ya