Cerita Asnawi Mangkualam, Tetap Puasa Meski Jam Puasa di Korea Selatan Lebih Lama

Cerita  Asnawi Mangkualam tetap jalani puasa meski jam puasa di Korea lenih lama dibanding Indonesia

Bek Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar bercerita tentang pengalaman puasa pertamanya saat membela Ansan Greeners, klub Liga 2 Korea Selatan.

Asnawi mengaku tetap menjalankan ibadah puasa ramadan di Korea Selatan. Di Ansan, pemain 21 tahun itu harus menjalani puasa selama 15 jam 55 menit atau lebih lama sekitar dua jam dari lama berpuasa di Jakarta.

"Iya Alhamdulillah puasa. Kayaknya sih lebih panjang di sini (Ansan, Korea Selatan)," kata Asnawi, Kamis (22/4).

Meski durasi puasa lebih lama, Asnawi mengaku tetap berusaha untuk menjalankan puasa setiap harinya. Di tengah puasa, Asnawi masih harus tetap menjalankan latihan bersama Ansan Greener dengan pola latihan dua kali sehari.

"Intinya saya selalu berusaha menjalankan puasa setiap hari, mau itu sanggup atau enggak, saya pasti bangun sahur setiap hari. Saya akan sesuaikan sanggup atau tidaknya di latihan karena di sini jadwal latihannya pagi dan sore."

"Tapi kalau selasai latihan saya merasa masih sanggup, saya tetap puasa dan Alhamdulillah sampai saat ini saya masih menjalankan walaupun latihannya pagi," ujarnya.

Jauh dari orangtua juga membuat Asnawi harus bisa mengurus dirinya sendiri. Termasuk memasak masakan untuk sahur dan berbuka.

Menghadapi situasi itu, Asnawi mengaku sudah membekali diri dengan keahlian memasak. Meskipun menu masakan yang dimasak sebatas yang sederhana-sederhana saja.

"Makan, ya masak sendiri. Masakannya macam-macam tergantung selera saja sih. Seperti ikan bakar, masak sup, terus masak daging. Yang simpel-simpel saja," terang Asnawi.

Previous Post Next Post



Ais Sekiya memberikan informasi seputar olahraga nasional maupun international.


Terima kasih telah mengunjungi Ais Sekiya, Nikmati beragam informasi dan hiburan yang kami sediakan setiap hari.

Jangan lupa follow Facebook kami ya