Shayne Pattynama, Pemain Blasteran Belanda-Indonesia di Liga Norwegia Ingin Bela Timnas Indonesia

Shayne Pattynama pemain liga Norwegia ingin bela timnas Indonesia

Shayne Pattynama merupakan pemain keturunan Belanda-Indonesia yang saat ini memperkuat Tim Norwegia Viking FK setelah sebelumnya berseragam Telstar.

Shayne Pattynama Lahir di Lelystad, 11 Agustus 1998 di Belanda. Shayne Pattynama memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir di Semarang dari keluarga asal Maluku. Nama Pattynama sendiri juga merupakan nama keluarga dari Ambon.

Dengan usia yang masih muda, Pattynama bisa menjadi salah satu pemain keturunan yang bisa dipertimbangkan masuk skuad Garuda, baik U-23 maupun senior.

Sejak lahir dan besar di Belanda, Pattynama dididik dalam budaya sepakbola. Saat duduk di bangku sekolah dasar, dia bergabung dengan tim di kota kelahirannya, SV Lelystad 67.

Menginjak usia 9 tahun, Pattynama mencoba peruntungan dengan menjalani seleksi masuk De Toekomst milik Ajax Amsterdam. Dia memuaskan para pemandu bakat di salah satu akademi sepakbola terbaik di dunia tersebut. Pattynama lolos dan akhirnya diterima bergabung di skuad U-10.

Setelah 3 tahun menimba ilmu di Jong Ajax, Pattynama terkena promosi-degradasi internal yang rutin dilakukan setiap tahun. Ia terlempar dari De Toekomst dan berpindah ke akademi lain yang tidak kalah bergengsi. Yakni Akademi Utrecht.

Pattynama membutuhkan waktu 6 tahun untuk bisa didaftarkan sebagai anggota Jong Utrecht yang tampil di Eerste Divisie. Dia menjalani debut senior pada 21 Agustus 2017 di pertandingan melawan FC Oss. 

Pada tahun 2019 Pattynama memilih hengkang dan bergabung dengan Telstar pada awal musim 2019/2020. 

Namun, sepanjang musim 2019/2020 bersama Telstar belum sempat memberikan yang terbaik bagi Telstar karenapandemi Covid-19, kompetisi sempat dihentikan, meski sebenarnya dia bermain bagus.

Bersama dengan Telstar selama setengah musim, Pattynama tampil cukup baik, Pattynama tampil di 27 pertandingan , mencetak 4 gol, 3 assist, dan hanya mengoleksi 3 kartu kuning.

Setelah setengqh musim, Pattynama menuju Norwegia untuk membela Viking FK. Dengan pindah ke kompetisi elite di Eropa, Pattynama berharap memiliki karier yang meningkat.

"Viking adalah klub besar. Mereka telah menjadi juara Norwegia delapan kali. Mereka bermain di Liga Eropa musim lalu dan itu adalah tujuan mereka musim depan. Hampir 20.000 orang hadir di Stadion saat pertandingan mereka," kata Pattynama.

Pattynama pindah ke Viking setelah dipantau Head of scouting, Erik Nevland. Mantan pemain Manchester United dan FC Groningen itu telah mengikuti Pattynama selama 2 bulan. Dia langsung merekomendasikan Pattynama untuk bermain di musim 2020.  

Dengan karier Pattynama yang semakin menanjak, peluang PSSI untuk memberi paspor Indonesia dan dipanggil ke timnas terbuka lebar. "Saya sering mendengar berita tentang Indonesia. Jika panggilan itu datang, saya akan bilang ya," kata Pattynama di kanal Youtube Yussa Nugraha.

"Itu adalah suatu kehormatan untuk bermain di timnas. Tapi, saya belum menerima panggilan apa pun dari mereka (PSSI). Saya hanya sering melihat nama saya di berita (di media-media) Indonesia," pungkas Pattynama.

Previous Post Next Post

Ayo daftar Sekarang Juga,dan Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah