Media Vietnam Mengakui, Shin Tae yong dan Indonesia Bisa Bangkit dan Jadi Ancaman Serius Park Hang seo

Media Vietnam waspadai timnas Indonesia asuhan Shin tae yong

Meski sudah tidak ada peluang untuk lolos ke babak lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indonesia dibawah arahan pelatih asal Korea Selatan, Shin tae yong justru dianggap ancaman berbahaya bagi timnas Vietnam. 

Bahkan, media Vietnam menyebut timnas Indonesia ditanhan Shin tae yong bisa jadi ancaman serius untuk pelatih timnas Vietnam yang juga berasal dari Korea Selatan Park Hang-seo.

Bicara soal pencapaian Tim Merah Putih beberapa tahun terakhir mungkin bisa dibilang kurang membanggakan. Bagaimana tidak? Alami terjun bebas peringkat FIFA ke nomor 173, impian Tanah Air ikut ramaikan Piala Dunia pun harus menunggu lebih lama.

Bayangkan saja, berada di grup G atau yang layak disebut 'Neraka' Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia harus bersaing dengan negara peringkat tertinggi seperti: Uni Emirat Arab (UEA), Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Bisa ditebak hasilnya, skuat Garuda yang saat itu ditukangi Simon McMenemy menorehkan catatan menyedihkan lima kali kalah dalam lima pertandingan. Hingga buat PSSI turun tangan dan datangkan Shin Tae yong, media Vietnam pun terlihat mulai memperhitungkan timnas Indonesia

Laodong melalui headline-nya menuliskan: "Pelatih Shin Tae-yong, rekan senegaranya Park (Hang-seo) bakal membuat Indonesia jadi pengganggu di grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, meski mereka tak punya peluang untuk melanjutkan,"

"Pelatih tim Indonesia menegaskan jika mereka berkomitmen memainkan peran jadi penghadang. Meski kalah dalam lima pertandingan, tapi mereka berkesempatan melawan UEA, Thailand, dan Vietnam. Tim yang tidak menang lima kali tak bisa lolos," tambah media tersebut.

"Pakar strategi yang membantu Korea Selatan mengalahkan juara dunia Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018 ini bahkan bersikukuh agar Tim Garuda untuk tetap serius lakoni sisa laga. Dengan demikian, posisi mereka di peringkat FIFA bisa terselamatkan," tutup tulisan itu.

Walaupun belum dapat kesempatan di laga resmi, tanda-tanda kecocokan Shin Tae-yong dengan Negara Kepulauan terlihat dalam perkembangan pemain secara individu. Sebagai contoh, ada Timnas U-19 yang terkesan menonjol kala lakoni TC di luar negeri.

Tak cuma para pemain dibawah 19 tahun saja, pelatih asal Negeri Ginseng itu pun ditugasi menukangi Timnas U-23, dan Timnas Senior. Dengan berbagai metode yang dibawanya, bukan hal mustahil performa tim alami peningkatan secara drastis.

Media yang sama menambahkan pertemuan antara Shin Tae yong dan Park Hang seo pun sarat akan adu gengsi, mengingat keduanya berasal dari negara yang sama. Patut ditunggu bagaimana Timnas Indonesia akan berduel lawan Vietnam di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia.

Previous Post Next Post

Recent Posts