Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Grup "G" Akan Digelar di Vietnam

Timnas Indonesia 

FIFA akan melanjutkan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, namun Timnas Indonesia tak bisa lagi bermain di kandang sendiri meski bersatus home (tuan rumah)

Timnas Indonesia saat ini masih menyisakan 3 laga putaran kedua zona Asia kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berdasarkan jadwal awal yang sudah mengalami beberapa kali penundaan, Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Thailand pada 25 Maret, kemudian kembali ke Tanah Air untuk menanti Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, 30 Maret 2021 dan terakhir, timnas Indonesia akan berkunjung ke markas Vietnam, 7 Juni 2021.


Bagi timnqs Indonesia, laga ini merupakan laga penghibur karena memang sudah tak ada harapan bagi Tim Garuda untuk melaju ke putaran ketiga kualifikaspiala dunia.

Saat ini Timnas Indonesia menjadi juru kunci klasemen Grup G dengan nilai 0 dari 5 laga. Timnas Vietnam di urutan pertama dengan nilai 11, disusul Malaysia 9, Thailand, 8, dan UEA 6.

Meski dipastikan sudah tersingkir, tapi tetap ada gengsi dan kehormatan yang harus ditanggung Shin Taeyong.

Lima kekalahan Timnas Indonesia di kualifikasi itu diderita saat dilatih Simon McMenemny, yang kemudian dipecat dan dilanjutkan asistennya, Yeyen Tumena.

Beban Shin Tae-yong saat ini bertambah berat karena tak bisa menggelar laga kandang yang tersisa di Tanah Air.

Baru-baru ini, Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (Football Association of Malaysia/FAM) Datuk Hamidin Mohd Amin menginformasikan kepada media tentang perubahan signifikan kelanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Datuk Hamidin mengatakan, seluruh sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sedang diproses FIFA untuk fokus di satu negara.

"Juni adalah tenggat waktu FIFA mengarahkan setiap negara menjalankan pertandingan. Jika suatu timnas tak dapat pergi ke negara tuan rumah untuk sisa laga, maka poin yang diperoleh timnas itu akan hangus," tegas Datuk Hamidin, sebagaimana dikutip dari Thethao247.vn, Rabu (13/1/2021).

Datuk Hamidin menambahkan, "Jika Anda lihat saat ini, hanya Malaysia, Indonesia, dan Thailand yang mengalami kesulitan dengan perjalanan masuk dan keluar mereka, sementara Vietnam dan UEA tampaknya baik-baik saja."

"Di dalamnya, kami masih mencari negara terbaik. Asosiasi anggota FIFA masih dalam tahap pertemuan untuk menghasilkan rencana akhir," papar Datuk Hamidin.

Menurut Hamidin, opsi untuk menggelar sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia di satu negara kemungkinan besar akan disetujui.

Semua federasi anggota, termasuk PSSI, telah mengirimkan umpan balik ke FIFA. Jadi, kemungkinan besar FIFA akan memiliki pengumuman terbaru tentang lokasi sisa Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi valid dari sumber di Malaysia, Datuk Hamidin menyarankan bahwa Vietnam akan dipilih untuk menjadi tuan rumah sisa Grup G karena situasi di Vietnam saat ini berada dalam kendali terbaik terhadap pandemi Covid-19.

Jadi, Semua peserta terpaksa berlaga di Vietnam, yang tentu saja menjadi keuntungan besar bagi tim asuhan Park Hang-seo itu.

Menanggapi sisa laga dan posisi Timnas Indonesia di Grup G, Shin Tae-yong menegaskan tetap akan bertarung mati-matian.

Previous Post Next Post

Recent Posts