Demi Bermain di K-League, Asnawi Mangkualam Rela Potong Gaji

Asnawi Mangkualam, pemain anyar Ansan Greeners FC

Petinggi klub Ansan Greeners FC, Joo Chan yong, mengapresiasi langkah yang diambil Asnawi Mangkualam. Menurut Joo, Asnawi bahkan rela menerima gaji lebih kecil di klub klub K-League 2  dari pada di klub sebelumnya, PSM.

Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan Ansan Greeners pekan lalu. Bergabungnya bek kanan berusia 21 tahun itu ke Ansan Greeners disampaikan secara langsung oleh Joo Chan-yong.

"Kami telah resmi mengikat pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, dengan kontrak selama setahun pada 19 Januari," kata Joo dilansir KOMPAS.com dari KBS Sport, Jumat (22/1/2021).

"Selain itu terdapat klausul perpanjangan kontrak selama setahun berikutnya," imbuh Joo.

Asnawi Mangkualam yang sebelumnya bermain untuk PSM Makassar bergabung dengan Ansan Greeners untuk melengkapi kuota pemain Asia Tenggara (ASEAN) di klub berjulukan Green Wolves tersebut.

Asnawi pun tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang memiliki kesempatan tampil di kompetisi sepak bola profesional Korea Selatan.

Menurut Joo Chan-yong, Asnawi Mangkualam merupakan sosok pemain muda yang memiliki keinginan kuat dan mimpi besar.

Joo mengatakan, gaji per tahun Asnawi berada di angka miliaran saat bermain di Indonesia. Namun, kata Joo, ia rela memangkas gajinya ketika memutuskan berkarier di Liga Korea Selatan.

"Asnawi menerima gaji miliaran secara lokal, tetapi dia memotong gajinya ketika bergabung dengan tim K-League," tutur Joo Chan yong 

"Keadaan tim kami tidak bisa memberikan banyak, tetapi dia adalah pemain yang memiliki keinginan kuat untuk menantang K-League. Dia datang ke Korea dengan mimpi besar itu," ucap Joo.

Sementara, Walikota Ansan Yoon Hwa-seop berharap kehadiran Asnawi di klub Ansan Greeners bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia yang tinggal di wilayahnya.

"Jika mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama tim kami, bisa jadi ia juga menjadi kebanggaan seluruh warga Ansan. Untuk itu kami sangat menantikan kehadirannya," ujar Yoon.

Asnawi Mangkualam memulai karier profesionalnya bersama Persiba Balikpapan pada 2016. Tahun berikutnya, ia pindah ke PSM Makassar.

Di level junior, Asnawi pernah bermain untuk timnas U-16, U-19, dan U-23 Indonesia. Ia juga sudah mengoleksi satu satu penampilan bersama skuad Garuda senior.

Selain bek kanan, Asnawi Mangkualam juga bisa bermain di posisi gelandang bertahan.

Dapatkan Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang


 

Previous Post Next Post
Ayo Daftar Sekarang dan Menangkan Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah


 
Ayo Daftar Sekarang dan Menangkan Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah