Shin Tae yong Mengaku Sangat Kecewa Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong

Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengaku kecewa dengan pembatalan Piala Dunia U-20 2021, sehingga anak asuhnya gagal menunjukkan kemampuan mereka di event besar itu dalam waktu dekat.

FIFA sebelumnya telah menyatakan pandemi virus Corona yang belum mengalami penurunan sesuai harapan memaksa mereka membatalkan Piala Dunia U-20 pada tahun depan. Selain Piala Dunia U-20, FIFA juga membatalkan Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Pembatalan itu tentunya memberikan pengaruh terhadap skuad yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) untuk persiapan menghadapi Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Beberapa pemain dipastikan tidak bisa tampil saat Piala Dunia U-20 digelar 2023.

Shin Tae yong mengatakan, jajaran pelatih dan seluruh pemain sebetulnya sudah sangat siap tampil di Piala Dunia U-20. Apalagi mereka dinilai telah mengalami peningkatan sejak ditangani dalam satu tahun terakhir. Pembatalan itu pun membuat Tae-yong kecewa.

“Terlepas dari situasi Corona selama setahun terakhir, kami melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen U-20,” ujar Tae-yong diwartakan laman kantor berita Yonhap.

“Skill pemain U-19 telah meningkat pesat sejauh ini. Saya [sebetulnya] sangat menantikan Piala Dunia U-20 tahun depan, karena kekuatan fisik dan mental telah meningkat. Kami mencoba memberi makna dalam memperluas sumber daya kami.”

Dengan adanya pembatalan tersebut, skuad timnas U-19 kini hanya fokus menghadapi Piala Asia U-19 yang direncanakan bergulir pada Maret tahun depan di Uzbekistan. Turnamen ini sempat mengalami penundaan dari rencana semula yang ingin digelar Oktober 2020.

Salah satu persiapan menghadapi turnamen itu adalah dengan menggelar TC di Spanyol. Timnas U-19 dijadwalkan bertolak ke Negeri Matador, Sabtu (26/12), dengan membawa 30 pemain. Namun asisten pelatih Gong Oh-kyun tidak ikut serta, karena telah mengundurkan diri.

Shin Tae yong memberikan kesempatan kepada tiga pemain yang berkarir di luar negeri untuk bergabung, yakni gelandang FK Radnik Surdulica, Witan Sulaeman, Elkan Baggott (Ipswich Town FC), dan Kelana Noah Mahessa (Bonner SC).

“Pemain saat ini dalam kondisi bagus dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya. Saya yakin selama di Spanyol, fisik, teknik, dan permainan timnas U-19 akan makin meningkat,” kata Tae-yong dilansir laman PSSI.

Previous Post Next Post

Ayo daftar Sekarang Juga,dan Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah