Pilih Belanda, Jayden Oosterwolde Tolak Tawaran Bela Timnas U-19 Indonesia

Jayden Oosterwolde
Jayden Oosterwolde pemain keturunan Indonesia-Belanda tolak tawaran PSSI untuk nermain bersama timnas U-19 Indonesia.

Sebelumnya, pelatih timnas Indonesia, ShinTaeyong mengungkapkan ketertarikan pemain FC Tweente tersebut.

"Ada satu pemain keturunan yang menolak dan memilih ke timnas Belanda yakni Jayden Oosterwolde," kata Plt sekjen PSSI Yunus Nusi kepada awak media, Kamis (26/11).

Setelah Jayden menolak, kini tinggal tersisa delapan pemain keturunan yang bakal dipanggil timnas Indonesia U-19. Dua di antaranya yakni Kelana Mahesa dan Luah Mahesa sudah mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama skuad Garuda Muda di Kroasia.

Sementara enam pemain lainnya yang belum dipanggil timnas Indonesia U-19 masih dirahasiakan namanya oleh PSSI.

Saat ini timnas Indonesia U-19 sedang menggelar TC di Jakarta. David Maulana dan kawan-kawan sudah menjalani agenda tersebut sejak 16 November di Stadion Madya, Senayan.

Intensitas tinggi diterapkan selama TC di Jakarta dilaksanakan. Para pemain timnas Indonesia U-19 berlatih tiga kali sehari dengan program yang sudah disusun tim pelatih.

Setelah dari Jakarta, timnas Indonesia U-19 berencana menggelar TC di luar negeri. Kemungkinan besar agenda tersebut dilangsungkan di Spanyol, dan sejumlah pemain keturunan bakal dipanggil.

"Rencananya demikian [pemain keturnan dipanggil dalam TC] karena mereka di Spanyol sampai Januari 2021," ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota komite eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

TC di luar negeri bukan yang pertama kali dilakukan timnas Indonesia U-19. Sebelumnya, Witan Sulaiman dkk. melangsungkan agenda itu di Kroasia, pada Agustus sampai dengan Oktober 2020.

Selama berada di Kroasia, timnas Indonesia U-19 11 kali melakoni uji coba. Pasukan Shin Tae-yong tersebut meraih lima kemenangan, tiga imbang, dan tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

TC tersebut dijadikan sebagai persiapan timnas Indonesia U-19 berlaga di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Kedua ajang bergengsi itu bakal dilangsungkan pada tahun depan.

Previous Post Next Post

Recent Posts