Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indra Sjafri Bantah 5 Pemain Muda Asal Brazil Diproyeksikan Untuk Tampil di Piala Dunia U-20 2021

Indra Sjafri
Sepak bola Indonesia sedang ramai membicarakan tentang naturalisasi 5 pemain muda dari Brazil.

diantara pemain tersebut adalah Henrique Bartoli Jardim, Hugo Gilherme Correa Grillo, Thiago Apolina Pereira, Maike Henrique Irine De Lima dan Robert Junior Rodrigues Santos

Namun, PSSI lewat Dirtek Indra Sjafri bembantah isu itu. Indra Sjafri menegaskan kedatangan sejumlah pemain muda Brasil ke Indonesia tidak ada kaitannya dengan induk sepakbola di Tanah Air tersebut.
"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” kata Indra Sjafri di laman PSSI.

Namun, sebuah fakta terbongkar. Pernyataan itu berbanding terbalik dengan yang diucapkan oleh pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias.

Juru taktik asal Brasil tersebut mengatakan, Thiago dan Maike datang sebagai bagian dari program PSSI. 

Organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan ini berniat menaturalisasi lima pemain demi kepentingan Piala Dunia U-20 2021.

"Mereka adalah pemain muda yang akan berlatih untuk proyek dari PSSI. Para pemain ini berada di klub yang sama dengan anak saya di Brasil," kata Farias.
Selain itu, rencana naturalisasi PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021 sebenarnya sudah terkuak saat PSSI menggelar webinar dengan salah satu media online Tanah Air. 

Ketika itu, terpampang jelas presentasi mengenai "Cara-cara Luar Biasa untuk Meraih Sukses Prestasi pada Piala Dunia U-20 2021."

"Termasuk dimungkinkan melakukan nasionalisasi atau naturalisasi pemain pada usia emas sebagai pesepak bola," tulis PSSI dalam paparan tersebut.
Lalu, siapakah yang berbohong menyatakan ini? Jika ternyata PSSI, citra bersih mereka di mata masyarakat akan semakin terkikis.

Pecinta sepakbola Tanah Air sudah ramai membicarakan isu ini. Mayoritas dari mereka sangat kecewa lantaran banyaknya pemain yang akan dinaturalisasi. 

Belum lagi bagaimana sakit hatinya para pemain muda yang telah berusaha sejak dari SSB dengan impian mengenakan lambang garuda di dada. Mimpi mereka dihancurkan sendiri oleh PSSI.

Kasus ini juga menjadi perhatian pelaku sepakbola tanah air, Salah satunya adalah pelatih Persib Bandung, Robert Alberts.
Namun, pelatih asal Belanda tersebut sepertinya tidak setuju dengan kemungkinan-kemungkinan itu dengan menganggapnya sebagai lelucon. "Apakah ini lelucon," tulis Albert di kolom komentar salah satu akun instagram sepakbola nasional.

Bukan cuma tanggapan dari Robert, kapten Borneo FC, Diego Michiels ikut bersuara. Sama dengan Robert, tanggapannya menjurus tak setuju.

Bahkan, bek 30 tahun itu menduga  lima pemain Brasil yang akan dinaturalisasi adalah permainan agen. "Agen yang main ini," tulis Diego