Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demi Membantu Sepakbola Indonesia, FIFA Tawarkan PSSI Pinjaman Sebesar RP 7,3 Milyar

Presiden FIFA, Gianni Infantino
Federasi sepakbola internasional (FIFA) menawarkan bantuan kepada PSSI berupa pinjaman tanpa bunga untuk membantu organisasi tersebut tetap beroperasional di tengah pandemi virus Corona.

Hal itu disampaikan presiden FIFA Gianni Infantino dalam rapat virtual dengan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan kemarin. Selain pinjaman, FIFA juga menanyakan perkembangan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Kepada Iriawan dan pengurus teras PSSI lainnya, Infantino menyampaikan, pihaknya berusaha membantu kesulitan para anggota dalam mengatasi masa sulit akibat pandemi virus Corona.

Menurut Infantino, pemberian pinjaman tanpa bunga ini sebagai bentuk solidaritas FIFA terhadap anggotanya. Pemberian dana bantuan COVID-19 tersebut akan dikucurkan dalam tiga termin.

“Jika diperlukan, FIFA juga memberikan kemungkinan dana pinjaman jangka panjang berdasarkan kesulitan yang dihadapi asosiasi sepakbola anggota kami,” kata Infantino.

“Semua asosiasi anggota FIFA dapat mengajukan pinjaman tanpa bunga hingga 35 persen dari pendapatan tahunan mereka yang telah diaudit,” demikian pernyataan FIFA melalui laman resmi konfederasi sepakbola Asia (AFC).

“Untuk kepentingan solidaritas, hak pinjaman minimum 500 ribu dolar Amerika Serikat (sekitar Rp7,3 miliar), dan maksimal 5 juta dolar AS akan tersedia. Selain itu, setiap konfederasi akan memiliki akses ke pinjaman hingga 4 juta dolar AS.”

Sebelumnya FIFA telah memberikan bantuan dalam bentuk hibah solidaritas kepada masing-masing anggota hingga 1 juta dolar AS, atau sekitar Rp14,6 miliar. Anggota juga akan menerima tambahan 500 ribu dolar AS untuk pengembangan sepakbola wanita.

Berlangganan via Email