Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Kamboja Remehkan Calon Lawan di Kualifikasi Piala AFC U-19 Termasuk Indonesia

Cambodi National Team
Piala AFC U-19 sudah di depan mata. Timnas Indonesia sendiri tergabung bersama grup "A" bersama tuan rumah Uzbekistan Iran Dan Kamboja.

Media Kamboja, Khmer Times, memberitakan peluang timnas Kamboja untuk lolos babak kualifikasi, media tersebut bahkan menganggap Indonesia, Uzbekistan dan Iran bukan menjadi lawan yang menakutkan bagi tim nasional Kamboja U-19 di Piala AFC Oktober mendatang. Kamboja bahkan diyakini dapat lolos ke perempat final.

“Tiga lawan Kamboja memiliki beberapa kejuaraan di antara mereka, mereka telah berkinerja buruk dalam beberapa tahun terakhir,” tulis Khmer Times, dalam laporannya.

Pakar sepak bola setempat melihat Kamboja memiliki peluang bagus untuk mau melewati grup A. Pasalnya, Kamboja lolos ke Piala AFC setelah menghindari grup maut. Bahkan mereka juga tercatat mampu menaklukkan lawan kuat di Asia Tenggara, Thailand.

Berbekal modal itu, Kamboja dinilai memiliki peluang besar untuk lolos fase grup dan melaju ke babak perempat final.  Nantinya, tim yang  lolos ke perempat final turnamen ini akan lolos ke Piala Dunia U-20 FIFA 2021 di Indonesia.


Kamboja melakukan upaya ekstra setelah lolos ke turnamen untuk pertama kalinya dalam 46 tahun terakhir. Sebelum tahun ini, Kamboja terakhir berkualifikasi di kejuaraan AFC U-19 pada tahun 1974.

Saat ini, proses seleksi  pemain Timnas Kamboja U-19 telah dimulai. Latihan dipimpin langsung oleh Pelatih Koji Gyotoku di Stadion Olimpiade di Phnom Penh, setiap hari Selasa.

Sebelumnya, telah dipanggil 38 pemain muda dari beberapa klub, termasuk wonderkid Sieng Chanthea. Kamboja bisa dibilang jadi tim yang paling serius melakukan pemusatan latihan sebelum mentas di Piala AFC 2020.

Dalam postingan yang bisa dilihat di halaman Facebook resmi Panitia Penyelenggaraan SEA Games 2023, (CAMSOC) , tampak Koji Gyotoku melihat dengan cermat kinerja pemain selama pelatihan. Kabarnya sang pelatih masih mungkin untuk melakukan pemanggilan pemain ke TC.

Oleh sebabitu, Federasi Sepak Bola Kamboja, FFC juga mendorong partisipasi warga Kamboja yang lahir di luar negeri.