Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elkan Baggott Ancam Posisi Duet Center Bek Timnas Indonesia, Siapa Yang Paling Layak ?

Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho
Kehadiran Elkan Baggott ancam posisi 2 Pemain Timnas U-19. Nama Elkan Baggott sedang ramai-ramainya dibicarakan oleh kalangan sepak bola dalam negeri.

Pemain keturunan Inggris-Indonesia itu masuk ke dalam daftar 46 pemain yang dipanggil dalam pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Jakarta.

Elkan Baggott saat ini berstatus bek muda Ipswich Town, klub Liga Inggris. Spesialisasinya adalah berperan sebagai bek tengah.

Jika dilihat posisinya Elkan Baggott, maka keberadaanya di timnas U-19 mengancam peran yang sebelumnya identik dengan Rizky Ridho Ramadhany dan Alfeandra Dewangga.

Dua pemain tersebut merupakan pilihan utama timnas U-19 saat masih di bawah kendali pelatih Fakhri Husaini. Keduanya tampil reguler saat timnas U-19 berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 tahun lalu.

Bahkan, Ridho dan Dewangga juga menjadi bek utama timnas U-18 di Piala AFF U-18 2019. Di dua ajang tersebut, keduanya nyaris tak tergantikan.

Kerja sama yang ditampilkan Ridho dan Dewangga dalam menghalau serangan lawan terbilang cukup apik. Ridho unggul dalam duel-duel udara karena memiliki postur lebih menjulang dan bermain lebih sabar, sementara Dewa unggul dalam kecepatan dan bermain lebih agresif.

Namun hadirya Elkan Baggott, memungkinkan duet mereka bakal tamat. Pasalnya, rekam jejak pemain dengan tinggi 194 cm itu cukup mentereng, ia adalah siswa beasiswa Professional Development Phase Scholarship selama dua tahun. Setelah program tersebut tuntas, pihak Ipswich Town tertarik untuk mengontraknya sejak 2019.

Selain itu, Elkan Baggott juga tercatat pernah bergabung dengan tim junior Tottenham Hotspur di ajang Future Cup U-18 yang digelar di Belanda


Berlangganan via Email