Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demi Piala Dunia U-20 Tahun Depan, PT LIB Wacanakan 2 Regulasi Baru

Cuplikan kerasnya liga 1
PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menerapkan pergantian lima pemain dilanjutan Liga 1 musim ini. Aturan tersebut sudah dibicarakan operator kompetisi itu saat rapat virtual dengan klub, kemarin (17/7).

Sebelumnya, setiap klub hanya diperbolehkan mengganti pemain sebanyak tiga kali dalam satu pertandingan. Hanya saja, pandemi virus corona membuat FIFA meminta izin kepada IFAB selaku badan yang mengontrol aturan sepakbola dunia untuk menambah kuota pergantian.

Perubahan tersebut dimaksudkan untuk menghindari pemain dari cedera karena padatnya jadwal pertandingan selepas kompetisi vakum. Sejumlah negara sudah menerapkan aturan pergantian lima pemain tersebut.

PT LIB sudah menjelaskan soal format dan regulasi dalam manajer meeting dengan klub Liga 1. Tidak ada degradasi tetap dicanangkan untuk kompetisi Liga 1 2020. Tapi, ada dua hal baru yang dipakai di Liga 1 mendatang.

Yang pertama adalah pergantian pemain. LIB mewacanakan ada 5 pergantian dalam setiap pertandingan.

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya tiga pemain. Yang kedua adalah adanya regulasi wajib memainkan pemain U-20 sebanyak dua pemain. Regulasi yang sebenarnya sempat jadi wacana dalam beberapa bulan terakhir. Regulasi yang kepentingannya untuk timnas U-19 dalam mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 tahun depan


Berlangganan via Email