Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Australia Soroti Penangana Virus Corona Di Indonesia

Ilustrasi penanganan virus corona di Indonesia

Sebuah artikel yang dimuat media Australia Sydney Morning Herald (SMH) mengkritik penanganan pandemi Corona COVID-19 di Indonesia. 

Dalam artiklenya, SMH menuliskan tentang penanganan virus corona di Indonesia yang dianggap telah gagal

SMH menuliskan pemerintah Indonesia akan menghadapi kesulitan dalam mengambil kebijakan tentang penangangan virus corona di Indonesia.

Sebuah artikel yang dimuat media Australia Sydney Morning Herald (SMH) mengkritik penanganan pandemi Corona COVID-19 di Indonesia. Indonesia bahkan disebut berpotensi menjadi hotspot COVID-19 selanjutnya.

Dalam artikel berjudul “Indonesia: The World's Next Coronavirus Hotspot is Emerging Next Door”, disebutkan bahwa ketika negara-negara lain di Asia Tenggara mulai berhasil meratakan kurva infeksi Corona. Namun Indonesia justru telah kalah dalam pertempuran melawan COVID-19.

Disebutkan bahwa pemerintah RI menunjukkan beberapa tanda akan mengambil keputusan sulit yang diperlukan untuk menekan laju infeksi yang tumbuh dengan cepat. Selain itu ketika perhatian dunia difokuskan pada Amerika Serikat, India, Rusia dan Brasil yang mencatat angka infeksi harian hingga puluhan ribu namun Indonesia malah di bawah radar.

Dalam tulisan media Australia tersebut dikatakan kebanyakan negara di Asia Tenggara berhasil melandaikan kurva penularan Covid-19, tetapi tidak dengan Indonesia. Pemerintah Indonesia dinilai telah gagal berperang melawan Covid-19.

Sebagian besar negara di Asia Tenggara telah berhasil mengendalikan pandemi virus corona di wilayah mereka. Di antara negara-negara tersebut, seperti Vietnam dan Laos misalnya, bahkan tidak mencatatkan kematian satu pun akibat virus tersebut.

Menurut The Sydney Morning Herald, status Indonesia tersebut berkaca dari tingkat kematian, jumlah tes, dan kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia dalam menangani virus corona.