Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sukses Tekan Corona, Malaysia Longgarkan Lock down.

 Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin
Pandemi virus corona melumpuhkan berbagai sendi kehidupan, semua kegiatan harus terhenti untuk menghindari tertular virus corona, bahkan di berbagai negara di kawasan asia tenggara menerapkan pembatasan aktifitas pada warganya atau lebih di kenal dengan istilah lock down.

Malaysia merupakan salah satu negara di kawasan Asia tenggara yang menerapkan kebijakan lock down, kebijakan pemerintah Malaysia sejauh ini terbilang sukses, terbukti kasus di malaysia semakin menurun, dan jumlah kesembuhan pasien terinveksi virus corona juga semakin meningkat.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin membeberkan strategi untuk menghadapi virus corona dan memastikan negara bangkit dari keterpurukan akibat hantaman pandemi Covid-19.

Malaysia Senin kemarin membuka kembali aktivitas ekonomi setelah melihat penurunan angka kasus baru Covid-19 di seluruh negeri dalam beberapa pekan terakhir. Tingginya angka kesembuhan infeksi corona juga menjadi alasan Malaysia melonggarkan kebijakan lock down.

Muhyiddin mengatakan langkah pertama adalah memutus rantai penularan dengan menekankan perintah kontrol pergerakan (MCO). Kemudian langkah kedua berfokus memastikan ketahanan ekonomi negara. pembukaan ekonomi nasional bersekala besar yang dimulai pada 4 Mei kemarin juga menjadi bagian dalam strategi itu.

Sebagian besar sektor ekonomi sudah dibuka kembali namun yang melibatkan kontak dekat dan pertemuan massal masih dilarang.

"Ini adalah tindakan penyeimbang yang coba dicapai Malaysia. Antara memulai ekonomi dan pentingnya mematuhi prosedur operasi standar baru untuk mencegah gelombang kedua infeksi di masyarakat," kata Muhyiddin dalam pidato di rapat virtual Summit Level Gerakan Non-Blok (Non-Aligned Movement) sebagai respons terhadap Covid-19 pada Senin (4/5).

Dalam pidato itu ia juga menambahkan, pembukaan kembali sektor ekonomi ini tidak boleh disalah artikan sebagai pencabutan MCO sepenuhnya, melainkan akan akan diikuti oleh penerapan strategi pemulihan ekonomi untuk memasuki masa normal yang baru, diikuti dengan revitalisasi semua ekonomi inklusif, dan diakhiri dengan reformasi ekonomi struktural dalam menghadapi lanskap global baru Covid-19

Di kutip dari CNN INDONESIA dari media lokal Straits Times, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan keberhasilannya dari kerja keras berupa enam R. "Keberhasilan enam 'R' yang telah saya sebutkan hari ini (yaitu) tekad, ketahanan, memulai kembali, pemulihan, revitalisasi, dan reformasi akan sangat bergantung pada kekuatan masyarakat dalam menghadapi masa normal yang baru. Beberapa hal tidak akan pernah sama lagi, dan kita harus mencoba level ini sebaik-baiknya untuk mengembalikan negara kita ke keadaan normal,"

Sejauh ini, Malaysia merupakan salah satu dari negara di Asia tenggara yang sukses menangani virus corona dengan baik, tercata pada hari Selasa sore total ada 6.353 kasus corona, dan 105 orang diantaranya meninggal dunia, sedangkan angka kesembuhan mencapai 4.484 pasien. atau sekitar 60 persen darai pasien mampu tertangani dengan baik

 BACA JUGA
  • Ais Sekiya, hadir untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan berita harian anda, bersama Ais Sekiya, nikmati berbagai macam acara olahraga dan hiburan setiap hari. Kami menyajikan berbagai macam informasi secara gratis. Bagi anda pecinta olahraga, anda juga bisa menyaksikan acara-acara kesayangan anda dengan kualitas gambar extra HD.untuk mempermudah anda kami pandu melalui link yang kami sediakan di bawah ini
    LIVE STREAMING 1
    LIVE STREAMING 2
    LIVE STREAMING 3

Berlangganan via Email