Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lock Down di Longgarkan, Vietnam Catatkan 17 Kasus Baru, 21 Ribu Orang di Karantina

Situasi di Vietnam 
Vietnam mencatatkan 17 kasus baru virus corona setelah beberapa pekan terahir tidak di temukan lagi virus tersebut.

17 Kasus baru kembali di laporkan, di temukam kasus baru virus corona usai melonggarkan jaga jarak pada 23 April lalu. Belasan kasus baru yang dilaporkan pada Kamis malam (7/5) itu merupakan infeksi dari luar negeri atau imported case.

Kasus baru yang di temukan ini metupakan kasus yang berasal dari warga vietnam yang berada di liar negeri dan kembali ke Vietnam, mereka dilaporkan baru tiba dengan penerbangan dari UEA dan dikarantina pada saat kedatangan. Tiga dari mereka adalah anggota keluarga yang tinggal dengan pasien Covid-19 di Dubai.

Dari kasus baru tersebut, enam di antaranya laki-laki dan 11 perempuan. Salah satu pasien merupakan bayi dan sisanya berusia antara 20 dan 58 tahun.

Dikutip dari  CNN INDONESIA yang mengambil nerita dari VN Express, para pasien itu merupakan bagian dari 297 warga Vietnam yang dipulangkan dari UEA dengan penerbangan Vietnam Airlines VN0088, Minggu lalu.

Penerbangan mendarat di Bandara Can Tho di Delta Mekong dan semua penumpang, termasuk awak pesawat, dikarantina di asrama universitas di dekat Provinsi Bac Lieu, Vietnam

Dengan penambahan kasus baru itu maka jumlah infeksi corona di Vietnam menjadi 288, dan 55 di antaranya aktif. Dua puluh satu dari kasus aktif telah dites dengan hasil negatif setidaknya sekali.

Vietnam menjadi salah satu negara yang paling tanggap menghadapi Covid-19. Negara dengan penduduk sekitar 95 juta orang ini sudah mendeklakrasikan perlawanan terhadap Covid-19 sejak Januari meski saat itu kasus masih terjadi di kawasan China.

Vietnam merupakan salah satu dari beberapa negara yang telah berhasil menekan virus corona dengan baik, hingga saat ini, tercatat hanya ada 271 kasus dan tidak ada korbn jiwa di temukan di vietnam karena virus corona, bahkan keberhasilan vietnam dalam menangani virus coeona mendapat apresiasi dari negara-negara lain di seluruh dunia,

Setelah berhasil menekan virus corona dengan baik, Vietnam kembali membula aktifitas perekonomian warganya dan melonggarkan kebijakan lock down yang di terapkan beberapa bulan terahir.

Pemerintah Vietnam memutuskan melonggarkan kebijakan menjaga jarak pada akhir April setelah tak ada kasus baru Covid-19 selama enam hari berturut-turut. Vietnam hingga hari ini juga belum mencatatkan korban meninggal akibat virus corona.

Para pstinggi Vietnam mengatakan meskipun kondisi di Vietnam saat ini stabil, pihak berwenang perlu memperketat kendali atas semua kedatangan masayarakat vietnam dari luar negeri.

Pemerintah Vietnam Pada bulan April dan awal Mei lalu telah memulangkan 1.700 warga dari Kanada, Jepang, Prancis, Thailand dan UEA. 300 warga Vietnam lainnya diperkirakan akan kembali dari Kanada, Malaysia, dan AS pada hari Senin mendatang.

Sekitar 21 ribu orang saat ini dikarantina di Vietnam. Lebih dari 6.100 dari mereka dikarantina di rumah sakit dan kamp-kamp isolasi, sementara sisanya diisolasi sendiri di rumah masing-masing