Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Liga Vietnam Mulai Bergulir mulai 5 Juni Dengan Format baru, Liga 1 kapan ?

Ilustrasi liga vietnam
Liga Vietnam atau V-League 1 2020 dipastikan akan kembali bergulir pada 5 Juni 2020 setelah mendapatkan izin dari pemerintah Vietnam. Namun, ada perubahan mengenai format kompetisi. Liga Vietnam akan digelar dengan satu putaran atau 13 pertandingan saja dari jumlah yang seharusnya 26 laga.

Tim yang finis di posisi delapan besar akan kembali bertarung di fase berikutnya untuk menentukan juara, sementara enam tim sisanya juga dipertandingkan lagi untuk menentukan tim yang degradasi.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan Operator Liga Vietnam (VPF) percaya bahwa format ini sudah paling ideal untuk menyelamatkan kompetisi yang sempat terhenti karena virus corona (COVID-19).

Selain itu, format satu putaran ini juga mempertimbangkan tim nasional, agar para pemain bisa maksimal dalam persiapan menghadapi Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Berdasarkan waktu saat ini, liga akan mulai dari Juni dan berakhir pada 31 Oktober 2020. Ini adalah format yang VFF dan VPF telah usulkan dan disetujui oleh anggota Dewan Eksekutif,” kata Sekjen VFF, Le Hoai Anh, di laman resmi AFF.

“Hasil dari 13 putaran pertama hanya akan digunakan untuk mengklasifikasikan sub-kelompok. Ini tidak akan digunakan saat liga bergerak ke fase kedua. Tim yang berperingkat lebih tinggi akan memiliki keuntungan karena mereka akan diberi lebih banyak kesempatan untuk bermain di kandang,” lanjutnya.

“Itu adalah formula khusus untuk situasi khusus, kita harus menerimanya. Banyak negara harus menghentikan liga mereka dan kami berharap bahwa perubahan format akan mempertahankan elemen kompetitif dari V.League,” tuturnya menambahkan.

VFF dan VPF tidak hanya akan menggelar kembali Liga Vietnam 2020, tetapi juga Piala Nasional Vietnam yang bakal mulai lebih dulu pada 24 Mei nanti.

Ide seperti ini sebelumnya juga pernah disampaikan oleh pelatih Bali United, Stefano Cugurra, untuk PSSI apabila Liga 1 2020 kembali bergulir pada 1 Juli mendatang. Sebab, jika melihat waktu sekarang, format satu kompetisi satu putaran dinilai lebih ideal.