Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Juru Bicara Pemerintah: Corona Mulai Terkendali, Agustus Kita Mulai Hidup Normal

PMI Indonesia
Kabar baik datang dari pemerintah, lewat juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (5/5/2020) kemaren, mengungkapkan optimisme untuk bisa menangani virus corona yang mewabah di Indonesia. Pemerintah menyatakan penyebaran penyakit Coronavirus Disease atau Covid-19 di Indonesia sudah mulai dapat dikendalikan dan diharapkan kondisi kebidupan masyarakat kembali normal dengan gaya baru pada Agustus nanti.

"Kita bersama-sama harus bisa menjalankan ini, kalau kita menginginkan pada bulan Juni pada bulan Juli kasus ini bisa kita dikendalikan, Kasus (Covid-19) ini sudah mulai bisa kita kendalikan dan kehidupan kita sudah mulai menjadi lebih baik lagi. Pembatasan-pembatasan sudah mulai dikurangi. Komitmennya ada di kita," tutur Ahmad Yurianto

Yurianto juga mengatakan, kunci keberhasilan pengendalian Covid-19 terletak pada kepatuhan dan kedisiplian oleh seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan pembatasan dan protokol kesehatan Covid-19  yang dikeluarkan pemerintah, dan tisak akan bisa dilakukan bila yang berkomitmen hanya sebagian atau sekelompok orang.

Pemerintah memprediksi kebidupan masyarakat sudah kembali normal pada Agustus 2020.
"Sudah bisa menjadi kondisi normal yang baru, dalam artian, bahwa kita sudah memiliki kehidupan yang berdisiplin. Disiplin untuk mencuci tangan, misalnya, disiplin untuk mengikuti pola hidup bersih dan sehat, Kita yakin bisa. Kuncinya adalah kita harus bersama dan bergotong-royong," Yurianto menambahkan

Menurutnya, dengan setiap orang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, secara tidak langsung akan menyelamatkan diri sendiri, keluarga, tetangga, lingkungan, dan bangsa Indonesia.

pemerintah terus berupaya untuk menekan penyebaran virus corona, diantaranya yaitu dengan menggeser libur cuti bersama hari raya Idul Fitri kepada seluruh pegawai, baik negeri maupun swasta, untuk efektivitas larangan mudik digeser ke hari libur Idul Adha atau akhir tahun.

Perlu di ketahui, hingga hari selasa 5 Meo 2020 kemaren, jumlah kasus viris corona di Indonesia tercatat ada 12.071 kasus naik 484 kasus baru. Meski demikian, pemerintah tetap optimis bisa mengendalikan penyebaran virus corona.

Menurut Doni Monardo, dalam rapat bersama, Presiden Jokowi telah memerintahkan Kepala Staf Presiden Moeldoko untuk mengkaji dua opsi waktu pengganti cuti bersama Idul Fitri tersebut.

"Jadi, yang semula akhir tahun, satu opsi. Tadi kemudian Bapak KSP memberikan masukan kepada Bapak Presiden. Bapak Presiden meminta untuk dipertimbangkan, mana kira-kira yang lebih baik, apakah pada waktu Idul Adha, akhir Juli, atau nanti tetap akhir tahun, Apabila kita sayang keluarga, untuk sementara ini tahan untuk tidak pulang dulu," tutur Doni menjelaskan

Menurut Doni, keputusan waktu pengganti hari libur Idul Fitri maupun normalnya aktivitas masyarakat sangat tergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan sejumlah protokoler kesehatan pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini sedang melanda.

Doni mengungkapkan kedisiplinan yang di maksut meliputi antara lain, mulai kedisiplinan melaksanakan pembatasan jarak fisik atau physical distancing, tetap beraktivitas di rumah, menuci tangan sesering mungkin, pengenaan masker saat aktivitas di luar rumah hingga sejumlah peraturan dalam PSBB.

Doni juga mengungkapkan, semakin disiplin masyarakat terhadap protokoler kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19, maka semakin cepat Indonesia kembali ke kondisi normal, termasuk perayaan Idul Fitri.

"Ini semua tergantung kesungguhan kita. Semakin taat dan patuh mengikuti protokol kesehatan, makin kita cepat normal," ujar Doni.

BACA JUGA : 
Ais Sekiya, hadir untuk memenuhi kebutuhan akan informsi dan berita harian anda, bersama Ais Sekiya, Nikmati berbagai macam acara olahraga dan hiburan setiap hari. Seperti Sepak bola, futsal, Moto GP, Bulu tangkis, dan olahraga lain, kami menyediakan berbagai Chanel yang sesuai dengan koneksi internet anda. untuk mempermudah anda bisa langsung ke link berikut