Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rungrado May Day Stadium, Stadion Terbesar di Dunia, Milik Korea Utara

Rungrado Stadium
Rungrado may day Stadium, Stadion termegah di dunia ternyata ada di negara Korea utara, Dunia sepak bola sedang berlomba membuat Stadiun-stadiun bertaraf international bahkan termegah di dunia.

Beberapa hari yang lalu, China mengklaim akan membuat Stadium tsrbesar di dunia berkapasitas 100.000 penonton dengan desain bunga teratai, yaitu Stadion Guangzhou Evegrande stadium.

Namun, Stadiun milik China yang di gadang-gadang sebagai setadiun terbesar di dunia itu masih kalah jauh dengan Stadium Rungrado may day milik Korea utara.

Rungrado 1st of May Stadium atau Stadion Hari Buruh adalah stadiun milik Korea Utara yang merupakan salah satu stadion terbesar di dunia. Rungrado may day tak hanya megah tapi juga jadi salah satu yang terbesar di dunia.

Stadion yang Rungrado May day atau disebut sebagai Rungrado May Day Stadium ini memang bukan produk dari pemerintahan pada era Kim Jong Un karena sudah dibuka pada 1 Mei 1989 silam yang bertepatan di Hari Buruh international 

Di kutip dari the Guardian, di dalam Stadion Rungrado May Day juga terdapat gambar Kim Il Sung dan Kim Jong Il, pemimpin tertinggi Korea Utara yang pertama dan kedua, sekaligus kakek dan ayah Kim Jong Un.

Sebagaimana dirangkum dari sejumlah sumber, Stadion Rungrado May Day ini menempati area seluas 20,7 hektare di Pulau Rungrado, Pyongyang. Kapasitasnya mencapai 114.000 walaupun ada yang mengklaim sampai 150.000 penonton. 
Jumlah itu sendiri sudah menjadikannya sebagai stadion olahraga terbesar di muka Bumi. Lebih besar ketimbang Stadion Sardar Patel (110.000) yang biasa menghelat Kriket di India bahkan Stadion Camp Nou (99,354) yang kondang sebagai kandangnya FC Barcelona.

Tak cuma megah, Rungrado 1st of May Stadium juga punya desain unik dengan 16 lengkungan di bagian atas membuatnya menyerupai kelopak bunga magnolia.

Stadion Rungraday may day memiliki tinggi 60 meter dengan total luas lantai lebih dari 207.000 meter persegi. Selain untuk acara olahraga seperti sepakbola dan cabang atletik, Stadion Hari Buruh ini biasanya juga dipergunakan untuk kegiatan festival hiburan dan upacara parade militer.

Sejauh ini Rungrado 1st of May Stadium sudah tiga kali menjalani renovasi, dengan yang paling anyar terjadi di era kepemimpinan Kim Jong Un. Tiga renovasi itu tepatnya berlangsung pada 1995, 2008, dan 2018.

Berkut penampakannya

Berlangganan via Email