Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meski Dapat Bantuan Dari FIFA Sebesar RP 7,7 milyar, PSSI masih Sulit bayar Gaji Shin Tae Yong

pelatih timnas indonesia Shin tae yong
Merebaknya Pandemi covid-19 atau virus corona melumpuhkan berbagai macam sendi kehidupan tak terkecuali sepak bola. Di Indonesia PSSI secara resmi telah menghentikan pergelaran liga 1 dan liga 2 guna menghindari virus corona, namun demikian bukan berarti permasalahan selesai, justru berbagai masalah timbul akibat pemberhentian liga.

FIFA sebagai asosiasi sepak bola tertinggi turut memberi perhatian lebih pada negara-negara yang terdampak virus corona, melalaui lama resmi FIFA, Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan akan memberi suntikan dana pada negara-negara anggota yang terdampak vius corona, Dalam laman resminya FIFA mengumumkan akan mengucurkan dana bantuan sebesar 150 juta dolar AS (sekitar Rp 2,3 triliun) untuk para 211 negara anggotanya yang mulai merasakan krisis finansial akibat pandemi virus corona. para negara anggota akan mendapat kucuran dana masing-masing sebesar 500.000 dolar AS  atau sekitar Rp 7,7 miliar

Meski demikian, PSSI masih Seret duit, uang sumbangan dari FIFA Tak Cukup Menutupi Pembayaran Gaji Pelatih Timnas ndonesia, rencananya PSSI akan tetap memotong gaji pelatih Timnas indonesia, Shin Ta-yong dan para asistennya. 

Shin tae yong. hanya akan menerima 25 persen gajinya saja per bulan sama seperti para pemain yang bermain di liga 1 lainnya. Dalam rapat virtual yang diadakan PSSI terakhir pada pekan lalu, Ketua Umum PSSI, Mohammad Iriawan, menurut anggota Komite Eksekutif, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa PSSI saat ini juga tidak memiliki uang. Sama halnya seperti yang dirasakan para klub peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Gaji Shin tae yong sendiri sebagai pelatih Timnas Indonesia tak diketahui detail persisnya. Pastinya, gajinya lebih kecil dibanding pelatih asing sebelumnya, Luis Milla, Milla dilaporkan menerima gaji Rp2 miliar per bulan dari PSSI. Jika dikalkulasi selama satu tahun, mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu dapat Rp24 miliar.

Di kutip dari BOLA.COM, Shin Tae-yong hanya menerima setengah saja dari jumlah yang didapat Milla. PSSI mendapat bantuan dari pemerintah lewat Kemenpora dalam urusan penggajian tersebut.
Namun, melihat perkembangan terkini di mana pemerintah sibuk mengurusi COVID-19, subsidi silang gaji pelatih timnas bakal tidak lancar pengucurannya.


Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan sampai saat ini belum ada surat dari FIFA tentang penggunaan bantuan Rp7,7 miliar untuk seluruh federasi di tengah pandemi virus corona,namun, PSSI berharap biisa segera mendapat jawaban resmi dari badan resmi sepak bola tertinggi dunia itu.
.

Berlangganan via Email