Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meski Menganggur Dirumah Karna Virus Corona Merebak Diidonesia, Wasit Indonesia ini tetap berharap naik gaji

live stream
Facebook


Wasit Thariq Al-katiri


Liga Indonesia resmi di hentikan sementara hingga batas waktu yang belum di tentukan, situasi ini tak lepas karna merebaknya pandemi covid-19 atau virus corona.

Penghentian sementara kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia, membuat salah satu wasit-wasit Indonesia menganggur, salah satunya adalah Thoriq Alkatiri. Wasit berlisensi FIFA itu hanya diam di rumah dan tak memiliki kegiatan lain. Thoriq menjelaskan, wasit adalah profesi utamanya. Ia tak punya pekerjaan sampingan, sehingga selama jeda kompetisi, dirinya hanya berkumpul dengan keluarga dan berlatih guna menjaga kondisi.

Ya gimana dinikmatin saja. Memang kerjaan saya full time wasit, jadi kalau situasi seperti sekarang ga dirumah saja," katanya.

Di tengah kondisi liga yang tak menentu akibat maraknya virus corona di indonesia, Thoriq tetap berharap ada kenaikan upah wasit. Pasalnya, PSSI selaku induk sepak bola nasional, telah berjanji meningkatkan gaji wasit pada musim ini, sekitar 38 persen dari musim lalu.

Thariq berharap adanya kenaikan gaji seperti apa yang telah di janjikan ketua PSSI muhammad Irianto.

Sonhaji mengungkapkan, rencana kenaikan gaji wasit perlu direalisasikan untuk mengindari kasus suap kepada para wasit yang memimpin di lapangan. Son haji juga menambahkan bahwa besaran gaji wasit musim lalu, dimana satu pertandingan dibayar Rp5 juta dirasa kurang. karena dalam semusim, seorang wasit rata-rata hanya memimpin 10 pertandingan.

Wasit merupakan kunci utama sebuah pertandingan bisa berjalan secara fair play. Sudah menjadi kewajiban bagi PSSI untuk memperhatikan kinerja para wasit di liga Indonesia. Pasalnya banyak kejanggalan-kejanggalan kepemimpinan wasit baik di liga 1 maupun liga 2.

PSSI sebagai induk sepak bola tertinggi indonesia harus mampu menjalankan tugas termasuk melatih dan memunculkan wasit-wasit berkualitas di Indonesia, Selain itu, PSSI harus mengeliminasi para wasit yang kinerjanya buruk.


follow kami Facebook